Total Kunjungan: 82842 - Kunjungan Hari Ini: 24

Tips Aman Rekrut Pembantu Rumah Tangga


 

Salam hangat selalu dari kami pembantubabysitter.co.id keluarga ceria, hangat dan penuh semangat.....

Dewasa ini, keberadaan pembantu rumah tangga sangatlah krusial. Pasalnya, profesi yang satu ini bisa membantu menjaga dan membersihkan rumah serta mengasuh anak ketika ada keperluan penting di luar rumah. Namun, memilih PRT bukanlah perkara mudah lho.....

Tidak sedikit ibu rumah tangga yang mengeluh bahwa PRT mereka membawa harta benda di rumah ketika mudik dan tidak kembali lagi. Selain itu, perlakuan kasar PRT kepada anak juga kerap terjadi. Tentunya, kamu tidak ingin hal ini sampai terjadi di rumah. Nah, untungnya Indonesia sudah menghimpun berbagia informasi mengenai cara mencari pembantu rumah tangga. Simak yuk ulasannya!

1. Tentukan Kriteria Pembantu Rumah Tangga Sebelum kamu memilih tenaga kerja rumah tangga,

kamu harus tahu dahulu PRT seperti apa yang ingin kamu cari. Pastikan ppakah kamu mencari PRT yang sudah atau belum berpengalaman, yang muda atau yang tua, serta kriteria lainnya. Hal ini akan mempermudah penyalur atau yayasan ketika mencarikan PRT yang tepat untuk kamu.

2. Cari Pembantu Rumah Tangga dari Sumber Tepercaya Biasanya,

kamu bisa mencari PRT lewat penyalur tenaga kerja atau dari kerabat keluarga yang memiliki link. Penyalur tenaga kerja yang baik memiliki informasi yang lengkap untuk setiap PRT yang berada dalam naungan mereka. Selain itu, tidak sedikit penyalur tenaga kerja yang sudah membekali pada PRT dengan keterampilan tertentu yang bermanfaat untuk kegiatan rumah tangga. Namun, ada juga penyalur tenaga kerja yang berusaha mencari labi dari biaya administrasi, atau malah sama sekali tidak membekali PRT dengan keterampilan apapun. Maka dari itu, pastikanlah untuk mencari yayasan yang benar-benar bisa memenuhi kebutuhan PRT-mu.

3. Wawancara Terlebih Dahulu

Tahap ini sangat penting untuk dilakukan karena kamu akan mengobservasi calon PRT yang akan dipekerjakan. Hal yang kamu harus perhatikan adalah sebagai berikut: Apakah PRT terlihat bersih dan merawat dirinya dengan baik Apakah cara berpakaiannya baik Apakah dia berdandan dan menyisir rambutnya Selain hal tersebut, kamu juga harus memastikan apakah PRT tersebut memahami pentingnya higienitas di rumah.

4. Amati Cara Bicara dan Isi Wawancara Ketika wawancara dilakukan,

jangan langsung percaya dengan setiap perkataan calon PRT.Bisa saja dia berkata sangat menyukai anak kecil padahal raut wajahnya mengatakan tidak.

5. Gali Informasi Mengenai Pengalaman Kerjanya Tanyakan calon PRT sudah berapa lama dia bekerja. Lalu cari tahu juga apkah dia pernah menerima pelatihan atau tidak. Terkahir, tanya juga alasan mengapa dia berhenti dari pekerjaannya yang terdahulu.

6. Lakukan Role Play Setelah wawancara selesai,

kamu bisa menyuruh calon PRT untuk berinteraksi dengan anakmu. Dari situ, kamu bisa mengamati apakah dia benar-benar piawai berkomunikasi dengan anak kecil atau tidak. Jangan lupa, perhatikan juga apakah anak kamu terlihat nyaman berinteraksi dengan si calon PRT.

7. Percaya dengan Insting Sebenarnya,

di lubuh hati kamu, kamu sudah tahu apakah calon PRT yang kamu wawancara benar-benar bermasalah atau tidak.Insting yang ada di dalam diri inilah yang bisa membantu kamu memilih PRT terbaik. Memilih pembantu rumah tangga memang gampang gampang susah, penyalurpembantu.com memberikan solusi untuk semua itu, kami memberikan garansi, dan semua calon tenaga kerja di sini sudah melalui tahap seleksi dan tes psikologi,pembantubabysitter.co.id di naungi oleh CV ALIFA PUTRI MANDIRI sebagai penyedia calon tenaga kerja, jadi kami telah memastikan bahwa calon tenaga kerja sudah layak dan memenuhi kriteria.